Sorry sob… lama gak apdet…
Sibuk nyari materi buat bahas lanjutan artikel sebelumnya…
Kali ini kita akan bahas hadiah kuis sensor IACV.
Buat gambaran seperti apa sensor IACV ini… saya rela nih nyopotin Throtle Body motor Vario 125 saya buat di acak-acak… xixixixi 😀
Sensor IACV ternyata terdapat pada semua motor matic Honda mulai dari karbu…. sampe yang injeksi, semua sudah dipersenjatai sensor IACV dan sensor EOT sebagai pendukungnya.
Anehnya…. IACV kok kebanyakan ada di motor matic ya….
Saya coba liat Throtle Body motor Honda lain seperti Revo fi, NMP fi , Verza… hanya ada satu sensor saja yaitu sensor Throtle Position ( TPS ) minus sensor IACV….
Throtle Body CBR150R ada sensor IACVnya komplit dengan TPS, MAP dan IAT.
Sedang pada CB150R sensor IACVnya digantikan dengan Idle Air Screw yang bisa di atur secara manual….



Skip… skip… dibahas lain kali aja… kembali ke topik…
Pada motor injeksi… sensor IACV berada di komponen Throtle Body…
Hm…. yang mana ya…. harus di copot biar lebih jelas posisinya….
Beberapa saat kemudian….
Cling…..
IACV sensor atau Idle Air Control Valve dari namanya sudah ketahuan yak.. katup pengatur udara ketika kondisi langsam ( idle )
Kalo bicara IACV sensor gitu… kesannya part yang rumit dan canggih ya… padahal ini sama aja dengan choke.
Tau choke kan..?
Sebuah fitur yang berfungsi untuk membuat campuran bahan bakar lebih kaya agar mesin lebih mudah menyala saat kondisi dingin.
Nah… kalo choke di fungsikan secara manual… maka IACV ini bekerja otomatis…
Kerja IACV masih berkaitan dengan sensor pembaca suhu mesin atau EOT.
Ketika EOT membaca suhu mesin masih dingin… maka EOT memerintahkan ECU untuk menaikkan rpm dan mengaktifkan IACV.
Sebaliknya…. jika EOT membaca suhu mesin telah layak untuk digunakan… maka EOT akan memerintah ECU untuk menurunkan rpm ke kondisi idle dan menonaktifkan IACV.
Seperti yang telah saya tulis di atas… IACV tidak hanya terdapat pada motor injeksi saja.
Tengok Vario 110 karbu, Beat karbu dan semua jenis matic Honda sudah menggunakan IACV sensor dan EOT sensor.
Karena itu meski masih karbu… tidak di temui tuas choke manual seperti matic lainnya.
Tapi… ketika menyalakan mesin… rpm langsung naik beberapa saat kemudian kembali ke idle… sama ketika kita menggunakan choke…. ternyata eh ternyata… yang jadul pun sudah pake part canggih yak.
Kembali ke IACV sensor.
Jika di bongkar… IACV akan tampak seperti ini…
IACV merupakan sebuah katup yang kerjanya seperti solenoid…
Ketika IACV aktif… katub akan “mendlep” kedalam dan memberi jalan udara untuk menuju ke ruang bakar…
Ketika mesin sudah panas dan siap di gunakan… maka katub IACV akan menonjok keluar dan menutup saluran udara.
Ingat… pada kondisi idle ini.. saluran udara utama tertutup rapat oleh katup kupu-kupu.
Katub kupu-kupu itu yang bulet kuning ada bautnya 2 biji sob… saluran udara utama ini berhadapan langsung dengan filter udara.
Katup ini akan membuka dan menutup seiring putaran gas… akan di bahas di artikel berikutnya mengenai sensor TPS.
Nah….. fungsi utama IACV dah tau kan…???
Sebagai choke otomatis…….. (y) pinter.
Fungsi lainnya apa hayoooo……
Pernah liat iklan olie…???
Bahwa kerusakan mesin banyak disebabkan pada saat mesin pertama kali dinyalakan.
Karena saat mesin tidur ( lama gak dipake )… olie dalam mesin akan turun kebawah karna adanya gaya gravitasi… sehingga kondisi head minim olie… bisa di bayangken sob.. ketika minim olie trus dipaksa bergesekan…
Hmmm…. komponen akan cepat aus karna besarnya friksi.
Agar olie dari bawah bisa naik ke head… setidaknya di butuhkan 1500 – 2000 rpm. CMIIW.
Karna itulah…. sensor IACV yang bekerja menaikkan rpm sesaat ketika kita menyalakan mesin… meminimalisir keausan komponen mesin.. karna dengan kondisi langsam yang agak tinggi.. membuat olie bisa terdistribusi merata ke seluruh bagian mesin…
Jadi…. yang masih pake choke manual….
Jangan setel langsamnya terlalu irit…
Mitosnya bisa bikin irit….. irit mbuahmu…. 😀
Irit bengsine… tapi marai cepet rusak mesine….
Kerusakan pada sensor IACV biasanya ditandai dengan gejala…. susah disetel langsamnya… gas kadang besar dengan sendirinya…
Ada yang ngalamin…???
Semoga berguna….
sip ajib kaka
http://aaikhwan.info/2015/03/05/pengalaman-lucu-dengan-batu-akik/
“Sy mo nanya mbah”
“Bisa gak mbah sensor td d aplikasi ke matic merk lain (yg masih manual tentunya)”
Kayaknya gak bisa…
Butuh EOT dan pengontrol kedua sensor tsb.
kalau di caplok ke bebek honda sendiri ?
GAN gimana sih cara rubah langsam ALL NEW CBR150R
Mas kira2 brapa harga sensor tp
Mantap blognya 🙂
juoss
misalkan diaplikasikanke motor lain harus ganti karbukah?
Yo gak iso…
Yang mau ngendalikan IACV sopo…?
Paklikmu tha… 😀
Satu dari beberapa part honda yg cangih,
Ngono yo lek??
Komen,ben etok hadiah
Hadiah iku buonus mas
sing penting ilmune
iya tho..tho.,,tho(echo mode_on)
Ilmunya nambah lagi 🙂
Ralat om.. Sensor IACV jg ada cbr 150/250 cbu
CBU ya…?
Yang lokal gak ada..?
Oke… trims.. nanti saya lihat dulu Throtle Body CBR150R CBU…
W2y666yw2w2y6wwwwwy
Iya om yg lokal ga ada.. Klo ga salah sih karna cbr cbu pake pgmfi step 3
Makasih mas… sudah saya edit.
CBR150R CBU ada IACVnya… sedang CB150R gak ada.. tapi di ganti Idle Air Screw yang bisa di setting manual.
Untuk CBR yang lokal… nanti saya liat dulu bentuk TBnya… gak puas kalo gak liat langsung.
Heheheh
Ddi mlh kepengin injeksi..hahahahha
Injek aja karbunya… 😀
Oalah. . .tak pikir nek rpm idle soyo cilik soyo irit
Oalah
pingine sistem injeksi malah d kongkon karbu e di injek alias di pijek
nasibmu lah nduk
oh itu gantinya choke hahaha baru tau
wkwkwk. kudune sek wes ono komputer e kui. 😀
paklik ku yo ono sek mekanik
iku toh penyebabe angel langsam…watae yo onok sebab liyane yo….inpoh ne apik
artikel yang sangat bagus maz
Ternyata perbedaan sensor d throtle body sm karburator banyak jg ya!
semakin kesini, semakin banyak tahu barang di motor. tapi makin geregetan karena ga ngerti buka bukaan -_-
Nice article thanx Bro… klo pny BPR Honda Matic FI share ya
makin pinter…
iyak
pak sukirman??
yakkk
sukijann
iiyyaakk
sucimannn
aiiyakkss
spiderman??
yakk
sukiiijaann
koment sek.. hehe
komen juga ahhh
nambah dong aahh
hhmm yeeaakk
yyyyaahh
sippp
juoozz
blaarr
sop
sup
upp
nyimak
nice
inpoh
guuuudd
jooobb
Mazped; kok blog ini jd tempat ngumpulin koment SAMPAH, bikin SAKIT MATA!, mending yg koment g bermutu masukin ke SPAM AJA
yg terhormat mas diatas ane.. tolong baca artikel sbelum artikel yg ini.. pasti juga pengen koment.. hehe maap klo gk sopan
Oh gitu ya ternyata,saya baru tau kalo itu namanya Idle Air Control Valve,padahal suka saya setting
juoszz.. . bikin pinter
nyimakk
sory.. koment mlulu..
iyaakk
gk papa
met pagi.. hihihi
met malem
met siang.
tetep baca walaupun motor masih karbu 😀
Gk komen gk asik
Hati-hati nanti kejaring spam lho…
Iya masped.. koment sy dikit kok..hihiihii
adakah update daftar spam mas?
dikit2 jdi bikut..
dikit apanya??
apanya yang dikitt
dikit apanya yang
bukit kaleeeee
iya keless
yaakkkx…
naish inpoh
yeess
seeeppp
Jangn2 ini yg bikin vario 125 ngeden pas masih dingin, gara2 mixture bbm masih terlalu kaya,,, padahal rpm idle udh turun,,,
Assalamualaikum,
Mohon maaf mau tanya, CBR lokal saya langsam gas nya kadang kadang besar sendiri tapi pada saat posisi gigi di netralkan langsam gasnya kembali normal, itu kenapa ya? apakah ada kaitannya dengan sensor IACV nya?
Trims,
masuk diakal kang.heheehehehi
Mas saya mau tanya dong, jawab ya eheheheheh. Kebetulan saya suka oprek2 vario 125 hehehehe nah ga sadar toh udah 170cc lagi hehehehe. Munculah kendala Throttle body kekecilan ehehe, ada saran subtitusi sama motor apa gitu? Cbr, cb? Yg socket2nya sama, sama kalo bisa harga eheheheheh. Makasih mas
Bos, kalau sensor AICV bermasalah, ada solusi murah untuk mengatasinya gak selain ganti unit assy throttle body? Kalau sensor AICV dilepas saja bermasalah gak? mohon pencerahannya
Mw tanya mas brow
Klw iacv rusak…g dganti…apa ada efek pda sensor sensor lainnya..,mtor honda varioc125
Mau tanya agan, cb150r saya ketika mesin dingin idle normal, pas mesin panas rpm malah naik sampe 1800, kenapa ya.
Makasih
mas bro, klo New cbr 150 pada waktu mesin dingin dipanasin setelah bbrp menit kok rpm nya tetep tinggi, pernah tanya di ahas katae normal? apa mmg New cbr 150, rpm nya tdk bisa turun setelah mesin panas. Thanks
Mz,mau tanya kenapa vario 110 di start mulai dari kaki dan tangan kok gak bisa padahal akinya msh bagus….
Mohon maaf nih mas,
IACV atau pada sistem EFI disebut ISC Valve itu bukan sebuah sensor, tapi aktuator yang kerjanya dikontrol oleh ECU/ECM
Sensor itu adalah komponen pada EFI yang bertugas untuk mengirimkan signal ke ECU/ECM, Bukan malah menerima sinyal dari ECU/ECM
Mekanisme choke pada EFI/Sistem Injeksi bukan digantikan oleh ISC Valve/IACV
ISC Valve/IACV hanya menambahkan udara pada saat idle saat dibutuhkan putaran lebih, bukan menambahkan bahan bakar
Mekanisme choke pada EFI/Sistem Injeksi digantikan oleh rangkaian dari sensor, secara sederhana yaitu hubungan antara ECT (Engine Coolant Temperature)/EOT/WTS dengan sensor IAT dan beberapa sensor lainnya.
Hanya meluruskan saja
Gan klau vario 125 saya IACV atau ISCV rusak, shg tdk mau stabil kadang gas bisa tinggi sendiri, bisa tdk ISVC tdk difungsikan shg hanya konstan tutup lubang udara terus shg choke tdk hidup.pengaruh ke ICU tdk ya gan..makasih sebelimnya…
manteb nih artikel….
Jado bro klok klok msin susah langsam .biasa apa pnyebab utamanya.
setahu ane itu barang namanya FISV ( Fast Idle Selenoid Valve ).
Gan klau sensor IAVC rusak kmd tdk usah difungsikan bisa tdk gan , karena sensor IAVC vario 125 rusak…
Nyuwun sewu mas, saya punya vario 125, kalo mesinnya dinyalakan kok langsamnya tiba2 naik tiba2 turun sendiri, apakah itu gejala sensor iacv nya rusak mas? Suwun mas
Senasib neh tp ane pake beat f1.bengkel resmi belum sanggup ngatasinnya
Harga IACV utk vario 125 brp bos? Motor sy sering gas tinggi sendiri, trims balsannya..
Sensor ini mempengaruhi iddle gak broooo.n boleh di bersihkan pake cleaner gak.masalahnya beat f1 ane ada masalah di iddle.n suka mati kalau gas di lepas habis
Kak mau tanya motor saya vario 110 . Nah langsung inti.yha saja
Kalau di gas itu ga ada tenaga yha tapi kalau dah kepanasan jarak jauh tenaga ya keluar ( tenaga ya telat)
Pa itu masalah.ya pada selenoid ya kak???
Gan motor saya gas besar sendiri , turun nya lama …
Apanya yg salah gan???
Iacv bukan sensor
Tapi aktuator
Klo mesin baru di hidupin terus rpm tidak mau turun2 apa bisa penyebabnya dari IACV yg tidak berfungsi? Posisi mesin baru turun mesin.thx
Gan mau tanya harga idle screw berapa ya
Permisi gan, saya mau numpang iklan boleh gak?
Maaf, saya mau menawarkan produk baru,cairan pembersih ruang bakar .
POWER TECH Carbon Cleaner.
POWER TECH Carbon Cleaner merupakan cairan husus untuk membersihkan kerak karbon di dalam ruang bakar tanpa harus membongkar /menurunkan mesin.
Cara pakai POWER TECH Carbon Cleaner.
●panaskan mesin sampai suhu kerja optimal
●matikan,buka busi dan tuang cairan POWER TECH Carbon Cleaner kedalam ruang bakar.
●tunggu kurang lebih 15menit,cairan POWER TECH Carbon Cleaner sedang bekerja,anda pun bisa melakukan pekerjaan lainya
●sedot menggunakan alat vakum penyedot cairan
●hidup kan mesin,rasakan bedanya.
Paket SM: sepeda motor
Alat vakum +satu dus isi 40 botol ukuran 50ml
Paket M: mobil
Alat vakum + satu dus isi 20 botol ukuran 250ml
Pin D1AB8779
https://www.facebook.com/Toko-Gudang-POWER-TECH-Carbon-Cleaner-863652317098137/
Iacv ki bedo kro cuk otomatis,ning sik ngatur idle otomatis nej eneng iacv ki mesti ga eneng idle air screwne
mangkane Beat Esp lak pertama start matian.. coba plintir2 idle screw gak mau naik rpmnya, berasa kayak astrea grand… mungkin anuannya ini yang rusak
Gan…mau tanya motor vario 110 old saya dulu seperti itu kalau baru di bunyikan rpm naik tp habis tuh kembali idle(normal)tapi sekarang kok gak begitu apa sensor chokenya rusak yah gan.mohon penjelasannya terima kasih
Mas klo letak screw idlenya sonic 150r dimna ya saya udh cari2 blm ketemu
mas kita kerja cb150r pada saat idle dia (cb) enak/langsam…tp saat exlarasi mbebet…kita dah cek di pompa dan trotle body tapi hasilnya nihil….gak ada kedipan mil….mohon solusi nya thanks..
Mksh, ilmunya dan.
Broo kl tps socet nya di lepas bisa ngaruhh kemn ya?? Soal nya kl di lepas lansan nya jadi oke… Normaal
Vario aku gak mau langsam di gas berebat sensor apa yg rusak tu gan
ajenge tangglet mbah”klo vario 125 indikator MIL brkedip 7 kalli + indikator suhu menyala terus,apa penyebabnya? kullo tenggo jawbane mbah….
Overheat niku..
Cek coolant dalam tampungan reservoir.
Nek normal brarti sensor suhune bermasalah
Om kok vario 125 saya nge brebebet ya saat mesin dingin ya paling ngga motor mati setelah 15 menit an…………terimakasih.
ASALAMUALAIKUM mas…
Mas ini saya mau nanya..vario 125 injeksi gas nya kok tinggi kali ya mas…jadi apa nya yang harus di ganti bagian trotolbodi nya..
Gini mas ..vario 125 saya kadang di nyalain rpm tinggi sendiri di spedo smpai 60km …kadang kumat kadang ogag..itu gimana mas memperbaikinya? Apa harus ganti IACV..trimakasih mas..
Periksa kabel gas om/spealing pada greap gas
Nanya om . Motor saya vario 125 . Saat dingin mesin brebet dan mau di gas / loyo tapi saat mesin sudah panas tapi tidak itu apanya ya
Mas mohon pencerahan ny nih kalo cb 150r old posisi stationer, lalu tuas kopling ditekan dan tidak dilepas, gigi persneleng dimasukkan.rpm naik.. Apakah hal tersebut wajar atau ada problem mas dg motor tsb,, mohon balasannya.. Trim
bos klo membersihkn bgian bagian injeksi bagusnya pake apa,klo pke
bensin merusak jd rubah kerjanya ga
mohon pencerahan Mas ..vario125techno saya brebet star pertama normal tapi setelah kontak dimatikan trus di onkan lagi distart susah hidupnya brebet tapi kalau soket EOT dilepas jreng bablas normal menurut om masalahnya apa ya..makasih mas