Mengenal Sensor IACV ( Idle Air Control Valve )

image

Sorry sob… lama gak apdet…
Sibuk nyari materi buat bahas lanjutan artikel sebelumnya…
Kali ini kita akan bahas hadiah kuis sensor IACV.

Buat gambaran seperti apa sensor IACV ini… saya rela nih nyopotin Throtle Body motor Vario 125 saya buat di acak-acak… xixixixi 😀

image

Sensor IACV ternyata terdapat pada semua motor matic Honda mulai dari karbu…. sampe yang injeksi, semua sudah dipersenjatai sensor IACV dan sensor EOT sebagai pendukungnya.

Anehnya…. IACV kok kebanyakan ada di motor matic ya….
Saya coba liat Throtle Body motor Honda lain seperti Revo fi, NMP fi , Verza… hanya ada satu sensor saja yaitu sensor Throtle Position ( TPS ) minus sensor IACV….
Throtle Body CBR150R ada sensor IACVnya komplit dengan TPS, MAP dan IAT.
Sedang pada CB150R sensor IACVnya digantikan dengan Idle Air Screw yang bisa di atur secara manual….

image
Throtle Body Vario 125
image
Throtle Body Verza
image
Throtle Body Revo Fi

image
Throtle Body CB150R

image

Skip… skip… dibahas lain kali aja… kembali ke topik…
Pada motor injeksi… sensor IACV berada di komponen Throtle Body…

Hm…. yang mana ya…. harus di copot biar lebih jelas posisinya….

Beberapa saat kemudian….

image

Cling…..

IACV sensor atau Idle Air Control Valve dari namanya sudah ketahuan yak.. katup pengatur udara ketika kondisi langsam ( idle )
Kalo bicara IACV sensor gitu… kesannya part yang rumit dan canggih ya… padahal ini sama aja dengan choke.

Tau choke kan..?
Sebuah fitur yang berfungsi untuk membuat campuran bahan bakar lebih kaya agar mesin lebih mudah menyala saat kondisi dingin.

Nah… kalo choke di fungsikan secara manual… maka IACV ini bekerja otomatis…

image

Kerja IACV masih berkaitan dengan sensor pembaca suhu mesin atau EOT.
Ketika EOT membaca suhu mesin masih dingin… maka EOT memerintahkan ECU untuk menaikkan rpm dan mengaktifkan IACV.
Sebaliknya…. jika EOT membaca suhu mesin telah layak untuk digunakan… maka EOT akan memerintah ECU untuk menurunkan rpm ke kondisi idle dan menonaktifkan IACV.

Seperti yang telah saya tulis di atas… IACV tidak hanya terdapat pada motor injeksi saja.
Tengok Vario 110 karbu, Beat karbu dan semua jenis matic Honda sudah menggunakan IACV sensor dan EOT sensor.
Karena itu meski masih karbu… tidak di temui tuas choke manual seperti matic lainnya.
Tapi… ketika menyalakan mesin… rpm langsung naik beberapa saat kemudian kembali ke idle… sama ketika kita menggunakan choke…. ternyata eh ternyata… yang jadul pun sudah pake part canggih yak.

Kembali ke IACV sensor.
Jika di bongkar… IACV akan tampak seperti ini…

image

image

IACV merupakan sebuah katup yang kerjanya seperti solenoid…
Ketika IACV aktif… katub akan “mendlep” kedalam dan memberi jalan udara untuk menuju ke ruang bakar…
Ketika mesin sudah panas dan siap di gunakan… maka katub IACV akan menonjok keluar dan menutup saluran udara.
Ingat… pada kondisi idle ini.. saluran udara utama tertutup rapat oleh katup kupu-kupu.

image

Katub kupu-kupu itu yang bulet kuning ada bautnya 2 biji sob… saluran udara utama ini berhadapan langsung dengan filter udara.
Katup ini akan membuka dan menutup seiring putaran gas… akan di bahas di artikel berikutnya mengenai sensor TPS.

Nah….. fungsi utama IACV dah tau kan…???
Sebagai choke otomatis…….. (y) pinter.

Fungsi lainnya apa hayoooo……

Pernah liat iklan olie…???
Bahwa kerusakan mesin banyak disebabkan pada saat mesin pertama kali dinyalakan.
Karena saat mesin tidur ( lama gak dipake )… olie dalam mesin akan turun kebawah karna adanya gaya gravitasi… sehingga kondisi head minim olie… bisa di bayangken sob.. ketika minim olie trus dipaksa bergesekan…

Hmmm…. komponen akan cepat aus karna besarnya friksi.

Agar olie dari bawah bisa naik ke head… setidaknya di butuhkan 1500 – 2000 rpm. CMIIW.
Karna itulah…. sensor IACV yang bekerja menaikkan rpm sesaat ketika kita menyalakan mesin… meminimalisir keausan komponen mesin.. karna dengan kondisi langsam yang agak tinggi.. membuat olie bisa terdistribusi merata ke seluruh bagian mesin…

Jadi…. yang masih pake choke manual….
Jangan setel langsamnya terlalu irit…
Mitosnya bisa bikin irit….. irit mbuahmu…. 😀

Irit bengsine… tapi marai cepet rusak mesine….

Kerusakan pada sensor IACV biasanya ditandai dengan gejala…. susah disetel langsamnya… gas kadang besar dengan sendirinya…
Ada yang ngalamin…???

Semoga berguna….

126 tanggapan untuk “Mengenal Sensor IACV ( Idle Air Control Valve )”

  1. “Sy mo nanya mbah”
    “Bisa gak mbah sensor td d aplikasi ke matic merk lain (yg masih manual tentunya)”

    1. Makasih mas… sudah saya edit.
      CBR150R CBU ada IACVnya… sedang CB150R gak ada.. tapi di ganti Idle Air Screw yang bisa di setting manual.
      Untuk CBR yang lokal… nanti saya liat dulu bentuk TBnya… gak puas kalo gak liat langsung.
      Heheheh

  2. semakin kesini, semakin banyak tahu barang di motor. tapi makin geregetan karena ga ngerti buka bukaan -_-

  3. Mazped; kok blog ini jd tempat ngumpulin koment SAMPAH, bikin SAKIT MATA!, mending yg koment g bermutu masukin ke SPAM AJA

  4. Jangn2 ini yg bikin vario 125 ngeden pas masih dingin, gara2 mixture bbm masih terlalu kaya,,, padahal rpm idle udh turun,,,

  5. Assalamualaikum,

    Mohon maaf mau tanya, CBR lokal saya langsam gas nya kadang kadang besar sendiri tapi pada saat posisi gigi di netralkan langsam gasnya kembali normal, itu kenapa ya? apakah ada kaitannya dengan sensor IACV nya?

    Trims,

  6. Mas saya mau tanya dong, jawab ya eheheheheh. Kebetulan saya suka oprek2 vario 125 hehehehe nah ga sadar toh udah 170cc lagi hehehehe. Munculah kendala Throttle body kekecilan ehehe, ada saran subtitusi sama motor apa gitu? Cbr, cb? Yg socket2nya sama, sama kalo bisa harga eheheheheh. Makasih mas

  7. Bos, kalau sensor AICV bermasalah, ada solusi murah untuk mengatasinya gak selain ganti unit assy throttle body? Kalau sensor AICV dilepas saja bermasalah gak? mohon pencerahannya

  8. Mau tanya agan, cb150r saya ketika mesin dingin idle normal, pas mesin panas rpm malah naik sampe 1800, kenapa ya.
    Makasih

  9. mas bro, klo New cbr 150 pada waktu mesin dingin dipanasin setelah bbrp menit kok rpm nya tetep tinggi, pernah tanya di ahas katae normal? apa mmg New cbr 150, rpm nya tdk bisa turun setelah mesin panas. Thanks

  10. Mohon maaf nih mas,
    IACV atau pada sistem EFI disebut ISC Valve itu bukan sebuah sensor, tapi aktuator yang kerjanya dikontrol oleh ECU/ECM
    Sensor itu adalah komponen pada EFI yang bertugas untuk mengirimkan signal ke ECU/ECM, Bukan malah menerima sinyal dari ECU/ECM

    Mekanisme choke pada EFI/Sistem Injeksi bukan digantikan oleh ISC Valve/IACV
    ISC Valve/IACV hanya menambahkan udara pada saat idle saat dibutuhkan putaran lebih, bukan menambahkan bahan bakar
    Mekanisme choke pada EFI/Sistem Injeksi digantikan oleh rangkaian dari sensor, secara sederhana yaitu hubungan antara ECT (Engine Coolant Temperature)/EOT/WTS dengan sensor IAT dan beberapa sensor lainnya.

    Hanya meluruskan saja

    1. Gan klau vario 125 saya IACV atau ISCV rusak, shg tdk mau stabil kadang gas bisa tinggi sendiri, bisa tdk ISVC tdk difungsikan shg hanya konstan tutup lubang udara terus shg choke tdk hidup.pengaruh ke ICU tdk ya gan..makasih sebelimnya…

  11. Gan klau sensor IAVC rusak kmd tdk usah difungsikan bisa tdk gan , karena sensor IAVC vario 125 rusak…

  12. Sensor ini mempengaruhi iddle gak broooo.n boleh di bersihkan pake cleaner gak.masalahnya beat f1 ane ada masalah di iddle.n suka mati kalau gas di lepas habis

  13. Kak mau tanya motor saya vario 110 . Nah langsung inti.yha saja
    Kalau di gas itu ga ada tenaga yha tapi kalau dah kepanasan jarak jauh tenaga ya keluar ( tenaga ya telat)
    Pa itu masalah.ya pada selenoid ya kak???

  14. Klo mesin baru di hidupin terus rpm tidak mau turun2 apa bisa penyebabnya dari IACV yg tidak berfungsi? Posisi mesin baru turun mesin.thx

  15. Permisi gan, saya mau numpang iklan boleh gak?
    Maaf, saya mau menawarkan produk baru,cairan pembersih ruang bakar .
    POWER TECH Carbon Cleaner.
    POWER TECH Carbon Cleaner merupakan cairan husus untuk membersihkan kerak karbon di dalam ruang bakar tanpa harus membongkar /menurunkan mesin.

    Cara pakai POWER TECH Carbon Cleaner.
    ●panaskan mesin sampai suhu kerja optimal
    ●matikan,buka busi dan tuang cairan POWER TECH Carbon Cleaner kedalam ruang bakar.
    ●tunggu kurang lebih 15menit,cairan POWER TECH Carbon Cleaner sedang bekerja,anda pun bisa melakukan pekerjaan lainya
    ●sedot menggunakan alat vakum penyedot cairan
    ●hidup kan mesin,rasakan bedanya.

    Paket SM: sepeda motor
    Alat vakum +satu dus isi 40 botol ukuran 50ml

    Paket M: mobil
    Alat vakum + satu dus isi 20 botol ukuran 250ml

    Pin D1AB8779

    https://www.facebook.com/Toko-Gudang-POWER-TECH-Carbon-Cleaner-863652317098137/

  16. mangkane Beat Esp lak pertama start matian.. coba plintir2 idle screw gak mau naik rpmnya, berasa kayak astrea grand… mungkin anuannya ini yang rusak

  17. Gan…mau tanya motor vario 110 old saya dulu seperti itu kalau baru di bunyikan rpm naik tp habis tuh kembali idle(normal)tapi sekarang kok gak begitu apa sensor chokenya rusak yah gan.mohon penjelasannya terima kasih

  18. mas kita kerja cb150r pada saat idle dia (cb) enak/langsam…tp saat exlarasi mbebet…kita dah cek di pompa dan trotle body tapi hasilnya nihil….gak ada kedipan mil….mohon solusi nya thanks..

  19. ajenge tangglet mbah”klo vario 125 indikator MIL brkedip 7 kalli + indikator suhu menyala terus,apa penyebabnya? kullo tenggo jawbane mbah….

  20. ASALAMUALAIKUM mas…
    Mas ini saya mau nanya..vario 125 injeksi gas nya kok tinggi kali ya mas…jadi apa nya yang harus di ganti bagian trotolbodi nya..

  21. Gini mas ..vario 125 saya kadang di nyalain rpm tinggi sendiri di spedo smpai 60km …kadang kumat kadang ogag..itu gimana mas memperbaikinya? Apa harus ganti IACV..trimakasih mas..

  22. Nanya om . Motor saya vario 125 . Saat dingin mesin brebet dan mau di gas / loyo tapi saat mesin sudah panas tapi tidak itu apanya ya

  23. Mas mohon pencerahan ny nih kalo cb 150r old posisi stationer, lalu tuas kopling ditekan dan tidak dilepas, gigi persneleng dimasukkan.rpm naik.. Apakah hal tersebut wajar atau ada problem mas dg motor tsb,, mohon balasannya.. Trim

  24. mohon pencerahan Mas ..vario125techno saya brebet star pertama normal tapi setelah kontak dimatikan trus di onkan lagi distart susah hidupnya brebet tapi kalau soket EOT dilepas jreng bablas normal menurut om masalahnya apa ya..makasih mas

Tinggalkan Balasan ke motoramatir Batalkan balasan